Perawatan Wajah Murah Meriah Menggunakan Sayur dan Buah

RADAR SURABAYA ● MINGGU, 20 JANUARI 2013

PERLU bujet khusus untuk melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan. Tapi, jika dana tak mencukupi, ada cara lainnya. Coba buka lemari es atau pergi ke dapur. Beberapa bahan sayuran dan buah bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah dengan hasil yang tak kalah memuaskan. Kandungan vitamin alaminya seperti A, B, C, dan E mampu memberikan kelembapan natural serta menghilangkan kusam, tak kalah dengan krim-krim mahal.

Buah Mentimun

Buah Mentimun

Mentimun

Daging buah mentimun yang berair memberikan efek segar pada kulit wajah. Sebelum menempelkan irisan mentimun pada wajah, bersihkan muka terlebih dahulu. Sebelum itu, iris mentimun tipis, simpan beberapa saat di lemari es. Setelah cukup dingin, baru tempelkan di area wajah. Paling enak, irisan mentimun diaplikasikan pada mata yang lelah akibat kurang istirahat. Segar!

Buah Pepaya

Buah Pepaya

Pepaya

Enzim papain yang ada dalam pepaya efektif mengangkat sisa kulit mati. Oleh karena itu, pepaya cocok dijadikan bahan masker wajah. Caranya, ambil beberapa potong pepaya lalu hancurkan hingga lembut, lalu aplikasikan ke wajah, diamkan sekitar 15 menit. NB: yang dibutuhkan adalah pepaya yang sudah matang.

Buah Tomat

Buah Tomat

Tomat

Buah sayuran ini mengandung likopen yang dipercaya mampu mencegah penuaan dini. Tidak hanya itu, tomat juga dipercaya mampu menghilangkan komedo hitam (blackhead) serta melawan jerawat. Cara menggunakanannya, potong tomat tipistipis, lalu tempelkan di area wajah selama 10 menit.

Buah Biji Oat

Buah Biji Oat

Oat

Bahan penganan ini merupakan solusi cepat mengatasi kulit berminyak. Hal itu karena oat mengandung saponin yang mampu menyerap minyak dari pori-pori. Tekstur oat yang kasar juga bermanfaat sebagai scrub yang akan melembutkan kulit. Untuk menggunakannya, campur oat dengan madu.

Buah Alpukat

Buah Alpukat

Alpukat

Kandungan glutamine dalam alpukat pun melindungi kulit dari polusi. Alpukat umumnya dijadikan masker wajah. Haluskan daging buah alpukat, campur dengan minyak zaitun. Lulurkan ke wajah, diamkan selama 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat. (TIMES OF INDIA/mas/jpnn/rie/opi).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: