Menjauhi Perbuatan yang Dilarang oleh Agama

Duta Masyarakat: Minggu, 11 November 2012

Junaidi Khab's Cover Jutaan Hikmah di Balik Larangan-Larangan dalam Islam

Junaidi Khab’s Cover Jutaan Hikmah di Balik Larangan-Larangan dalam Islam

Judul               : Jutaan Hikmah di Balik Larangan-Larangan dalam Islam

Penulis             : Agus Susanto

Penerbit           : Safirah

Cetakan           : I, November 2012

Tebal               : 209 Halaman

ISBN               : 978-602-7665-36-1

Peresensi         : Junaidi*

Ajaran agama Islam secara keseluruhan merupakan ajaran bagi kemaslahatan umat manusia di muka bumi ini. Barang siapa yang mengikuti ajaran agama Islam, maka hidupnya akan berkah, bahagia, tenang, nyaman, dan tidak akan terbebani ketika hidup di dunia dan lebih-lebih kelak di akhirat akan mendapat pertolongan dari Allah Swt. Namun, terkadang kita tidak menyadari terhadap apa yang diajarkan di dalam agama Islam. Dan begitu pula terkadang kita lupa terhadap apa yang telah dilarang oleh ajaran agama Islam.

Sebagai agama rahmatan lil’alamin, Islam sangat memperhatikan segala aspek kehidupan manusia. Segala yang diperintahkan dalam Islam, pasti mengandung manfaat bagi manusia. Seangkan hal-hal yang dilarang itu pasti menimbulkan dampak buruk bagi manusia, termasuk dalam pengharaman berbagai macam jenis makanan dan perilaku manusia, misalkan daging babi dan berjudi (Hal. 54).

Memang kita aku bersama, bahwa berbagai agama yang ada di muka bumi merupakan bentuk keyakinan umat manusia. Begitu pula ajaran agama mereka masing-masing memerintahkan umat manusia untuk menyembah tuhan yang mereka yakini. Seluruh agama di muka bumi ini memiliki tuhan yang harus disembah. Dan ajarannya pun untuk selalu berbuat baik dan melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan umat manusia. Begitu pula agama Islam yang memang dinobatkan sebagai agama terakhir yang diturunkan kepada nabi Muhammad Saw. dan umatnya diwajibkan untuk selalu berbuat baik dan melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Jika kita lihat garis besarnya, ajaran di dalam agama Islam adalah lebih fokus pada amar ma’ruf dan nahi munkar. Dua ajaran tersebut merupakan cerminan dari ajaran agama Islam yang mewakili dari berbagai tindakan dan beberapa hal ihwal tentang kehidupan umat manusia. Seperti yang dikutip di atas tadi bahwa ajaran agama Islam yang bentuknya perintah (amar ma’ruf) akan memberikan manfaat bagi kehidupan umat manusia. Sedangkan ajaran agama Islam yang merupakan bentuk larangan (nahi munkar) jika dikerjakan akan mendatangkan mara bahaya bagi kehidupan umat manusia itu senidir, lebih-lebih bagi pelakunya.

Salah satu contoh hal-hal yang diharamkan oleh ajaran agama Islam yaitu meminum khamer (hal-hal yang bisa memabukkan). Meskipun di dalam Alquran dijelaskan bahwa khamer memiliki manfaat, namun manfaatnya hanya sedikit bahkan dan bahayanya yang lebih besar diminum oleh manusia. Berbagai dampak dari meminum khamer itu sendiri bisa menyebabkan orang yang meminumnya hilang akal sehingga rasa malu hilang dan juga akan menyebabkan seseorang keras kepala.

Dikisahkan bahwa ada seorang alim yang dicegat oleh seorang gadis yang memang ingin merusak keimanannya ke dalam satu ruangan dan diberi pilihan oleh gadis tersebut. Dia disuruh memilih di antar tiga hal; membunuh anak kecil yang kebetulan memang ada di dalam ruangan tadi, berzina dengan gadis tersebut, atau meminum khamer. Sejenak orang alim tersebut berpikir. Kemudian dia memilih minum khamer, setelah minum khamer pikirannya tidak karuan, melihat seorang gadis di depannya birahinya bangkit hingga dia berzina dengannya. Ketika selesai melakukan zina dengan gadis tersebut ternyata anak yang tadi tidur menyaksikan apa yang dilakukan oleh orang alim tersebut. Keran kalakuannya takut disebarkan kepada orang banyak, maka orang alim tersebut membunuh anak kecil yang melihatnya ketika melakukan zina dengan gadis yang merayunya (Hal. 64-73).

Betapa sangat bahayanya khamer bagi kehidupan umat manusia. Seakan memang hal-hal yang dianggap sepele bahayanya lebih sedikit. Namun kenyataannya dari kisah orang yang minum khamer tersebut hal yang dianggap sepele bisa mendatangkan berdampak buruk yang amat besar besar. Maka dari itu, sebagai umat manusia khususnya umat Islam agar selalu berada pada haris yang telah ditetapkan oleh ajaran agama Islam. Agar kita sendiri tidak menanggung risiko yang bisa merugikan bagi kita dan kehidupan umat manusia.

Jika kita telah tahu bahwa suatu hal dilarang oleh agama, maka kita hendaknya tidak melakukan hal tersebut. Karena bagaimanapun juga akan mendatangkan berbagai persoalan hidup yang akan disertai dengan beban psikis bagi pelakunya. Dan kemungkinan besar pelaku akan diisolasi oleh masyarakat dari lingkungannya.

Begitu sangat besarnya nilai yang terkandung dalam perintah dan larangan ajaran agama Islam. Lebih-lebih mengenai larangan yang diperingatkan kepada umat manusia agar menjauhinya. Karena di balik larangan tersebut tersimpan berbagai dampak negatif dan merugikan baig kehidupan umat manusia. Untuk itulah, kini hadir di tengah-tengah kita buku yang menjelaskan tentang hal-hal yang dilarang di dalam ajaran agama Islam. Kebenarannya disertai dengan beberapa dalil dan contoh bukti yang konkrit dalam kehidupan manusia. Selain itu pula didasari dengan berbagai bukti penelitian modern dan berdasarkan sain yang berkembang saat ini. Sehingga apa yang dipaparkan dalam buku ini cukup rasional dan mudah diterima.

* Peresensi adalah pegiat organisasi keislaman fakultas Adab IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hp                               : 087866119361

E-Mail                         : john_gapura@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: