Membentuk Kepribadian Orang Kaya

Bisnis Indonesia: Minggu, 07 Oktober 2012

Junaidi Khab's Cover Sifat-Sifat Khusus yang Membuatmu Cepat Kaya

Junaidi Khab’s Cover Sifat-Sifat Khusus yang Membuatmu Cepat Kaya

Judul          : Sifat-Sifat Khusus yang Membuatmu Cepat Kaya

Penulis       : Amrin Rauf

Penerbit     : FlashBooks

Cetakan     : I, Maret 2012

Tebal         : 155 Halaman

Peresensi   : Junaidi*

Semua orang berkeinginan untuk menjadi sosok dan figur yang kaya raya dan sukses. Berbagai bisnis dan agraria pun dijalankan. Hidupnya penuh dengan kesibukan hanya untuk mendapatkan kekayaan yang melimpah. Mereka berpikiran bahwa menjadi orang yang kaya segalanya akan mudah untuk didapatkan. Dalam ranah pemikirannya, dengan kekayaan itulah kelak mereka akan mendapat penghormatan dan berbagai keinginannya bisa terpenuhi.

Ada yang beranggapan bahwa orang tua yang kaya, kita juga ikut kaya dan sukses. Ada hal yang kita lupa bahwa sejatinya modal untuk meraih kesuksesan bukanlah orang tua yang kaya, harta melimpah, keahlian orang tua yang mumpuni, melainkan diri kita sendiri. Untuk menggapai kesuksesan dan kekayaan kita hanya membutuhkan personalitas diri pribadi; personalitas yang cakap dan memahami apa serta bagaimana seharusnya kita berbuat (Hal. 06).

Pribadi dengan personalitas dan sifat-sifat tertentu yang baik akan mampu menjawab segala tantangan hidup sebaik-baiknya. Ia akan mampu mengatasi segala permasalahan dan menuntaskannya dengan baik, mengubah rintangan menjadi tantangan, menyulap masalah menjadi peluang, atau menyihir kekurangan menjadi kelebihan. Hanya dengan memiliki sifat-sifat tertentu itulah kita dapat meraih kesuksesan dan kekayaan dalam hidup ini.

Tidak heran jika sebagian dari mereka yang ingin cepat kaya menempuh berbagai cara. Namun kadang cara yang mereka lakukan keliru dan dapat mengancam kehidupannya sendiri. Misalkan mereka berjudi untuk mengadu nasib dengan lawannya, pesugihan tuyul, mencuri, dan bahkan hingga dari mereka rela menjadi koruptor hanya ingin memperoleh kekayaan yang melimpah. Mereka tidak mau bekerja secara normal. Namun perlu disadari bahwa cara yang salah itu tidak akan mendatangkan kekayaan yang murni. Memang kadang melalui cara yang salah itu mereka bisa kaya. Akan tetapi kekayaannya hanya sebentar saja.

Kini Amrin mencoba untuk membendung itu semua dengan menghadirkan perspekstif baru dengan berbagai inspirasi untuk menjadi orang yang kaya hanya dengan menghidupkan beberapa sifat yang kita miliki. Orang yang kaya raya itu tidak seperti disulap seketika itu juga, ‘abra kadabra’ langsung menjadi kaya. Tidak, kita harus bekerja dengan maksimal untuk menjadi orang yang kaya raya.

Kewajiban kita sebagai manusia adalah bekerja, tidak kemudian memaksakan diri untuk mendapatkan uang meskipun dengan cara yang kotor. Bekerja melalui proses yang kotor sama halnya dengan para pencuri, perampok, koruptor, dan lain semacamnya. Kita harus menjadikan pekerjaan yang kita tekuni sebagai rahmat yang telah diturunkan oleh tuhan dan pekerjaan itu benar-benar yang paling cocok dengan diri kita untuk menjadi orang yang kaya dan sukses (Hal. 17).

Dalam menekuni sebuah pekerjaan kita harus memiliki kekonsistenan yang benar-benar berkeinginan untuk mencapai kesuksesan hingga kaya raya dan sukses. Sebenarnya bekerja bukan tujuan untuk hidup dengan kaya raya. Akan tetapi untuk melangsungkan hidup. Namun dengan peruabahan zaman yang terus mengalami perkembangan kini kerja menjadi sebuah etos untuk lebih semangat menjadi orang yang kaya raya hingga sukses. Berbagai cara, tips dan teori menjadi orang yang kaya raya pun berseleweran di berbagai buku dan media lainnya.

Dalam teori-teori dan tips yang lain menyebutkan bahwa untuk menjadi orang yang kaya raya harus memiliki modal yang cukup banyak untuk membangun perbisnisannya. Namun kali ini Amrin hadir dengan sebilah teorinya dalam membangun dunia perbisnisan untuk menjadi orang yang kaya raya dan sukses. Teori kali ini yang ditekankan adalah sifat-sifat khusus yang memang melekat dalam diri manusia itu sendiri.

Salah satunya yaitu membangkitakan semangat bahwa kerja adalah aktualisasi. Orang yang dalam hidupnya menganggap bahwa bekerja sebagai aktualisasi adalah orang yang memiliki bakat yang sesuai dengan jalur pekerjaannya. Mereka merasa harus melakukan segala sesuatu yang berkaitan dengan potensi dirinya, merasa harus melakukan aktualisasi diri dari setiap kilasan hidupnya yang terus menerus berjalan (Hal. 21-22).

Pengertian aktualisasi diri adalah berupaya untuk terlibat langsung dalam proses kinerja keseharian kita. Sehingga, kita benar-benar merasakan semua proses dalam kehidupan sehari-hari. Berpikiran positif (positive thinking) menurut Amrin menjadi salah satu kerangka pemikiran dalam kajian untuk menjadi orang yang kaya raya. Segalanya akan berjalan dengan normal dan terarah jika kita selalu berpikiran positif dalam pekerjaan yang kita tekuni.

Dengan bahasa yang renyah dan lugas, Amrin mengupas tuntas seluruh sifat yang akan cepat mengantarkan kita kepada kekayaan dan kesuksesan. Pemaparan yang disertai dengan kisah-kisah inspiratif dan kata-kata mutiara penggugah semangat, buku ini akan memandu kita menggapai kesuksesan dan kekayaan sejati. Yaitu menjadi orang yang kaya raya dan sukses yang dimulai dari nol.

Namun kekurangan dalam buku ini berada pada pemilihan kerja yang harus terfokus terhadap satu pekerjaan saja. Padahal secara logika jika kita memiliki satu pekerjaan yang ditekuni itu memang baik. Namun jika satu pekerjaan yang satu itu mengalami kemerosotan dan kebangkrutan kita sutuhnya akan berada dalam dunia perbisnisan yang nihil. Selayaknya kajian dalam buku ini juga menyarankan untuk memiliki beberapa bidang pekerjaan (usaha/pekerjaan sampingan), kelak jika satu usaha yang kita rekrut mengalami kemerosotan dan kebangkrutan agar kita tidak stagnan untuk terus bangkit.

* Penulis adalah Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hp                                 : 087866119361

 E-Mail                        : john_gapura@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: