Kiat Menjadi Pengajar yang Sukses

Harian Bhirawa: Kamis, 18 Oktober 2012

Junaidi Khab's Cover Rasulullah Saw.; Guru Paling Kreatif, Inovatif, & Sukses Mengajar

Junaidi Khab’s Cover Rasulullah Saw.; Guru Paling Kreatif, Inovatif, & Sukses Mengajar

Judul          : Rasulullah Saw.; Guru Paling Kreatif, Inovatif, & Sukses Mengajar

Penulis       : Awy’ A. Qolawun

Penerbit     : DIVA Press

Cetakan     : I, Maret 2012

Tebal         : 135 Halaman

Peresensi   : Junaidi*

Tidak semua orang mampu mengajar dan memberikan pemahaman kepada para pendengarnya dengan baik. Berbagai usaha dan metode dalam mengajar pun diaplikasikan. Namun kadang kala masih menemui kesulitan-kesulitan yang sukar untuk kita selesaikan. Misalkan masih menjadi gosip oleh para murid atau mahasiswa karena ada seorang guru yang judes ataupun kiler. Hal yang demikian merupakan sebuah kendala dalam proses belajar menajar.

Awy’ kini mencoba untuk merombak segala problematika yang menghambat kesuksesan seorang pengajar, dengan menganalogikan dengan tata cara mengajar yang dipraktekkan oleh nabi Muhammad Saw. Seorang pengajar yang baik hendaknya berusaha memiliki integritas kebaikan dan citra diri yang sempurna, keunggulan, ilmu, kebijaksanaan, penampilan, keluwesan, kehalusan perangai, ketangkasan, gerakan, ketenangan diri, keindahan dalam percakapan dan susunan kata-kata, kecerdasan, kebrsihan busana, dan kecakapan dalam administrasi, serta cara-caranya dalam bertindak dan bersikap. Dengan kata lain, seorang pengajar harus jeli dalam memanfaatkan setiap momentum yang terjadi (Hal. 126).

Rasulullah Saw. Adalah seorang guru yang mengajar tidak hanya dengan tampilan fisik saja, akan tetapi melalui contoh kepribadian yang mulia, sekaligus semua aspek yang terdapat dalam diri beliau sehingga beliau mudah dalam penyebaran agamanya. Karena kadang kala pada masa sekarang seorang guru atau pengajar hanya mendahulukan penampilan fisiknya saja. Padahal dari segi keilmuan tidak sebanding dengan apa yang direlisasikan. Dari itulah Awy’  mengapresiasikan gagasannya agar kita menjadi seorang pengajar yang handal bukan hanya dari segi fisik belaka, akan tetapi dari kepribadian yang mulia.

Ketika mengajar, nabi Muhammad Saw. selalu memilih dan menyampaikan metode dan sistem yang terbaik. Beliau telah menformulasikan sistem dan metode pendidikan yang memiliki kekhasan tersendiri. Metode yang disampikan oleh beliau sangat mengesankan sehingga memudahkan dan sangat membantu dalam memahami suatu ajaran permasalahan.

Nabi muhammad merupakan sosok yang patut kita tiru kepribadiannya sebagai seorang utusan bagi umat seluruh alam. Dengan sangat sistematis, beliau melakukan peruabahan besar dalam waktu yang relatif singkat, yaitu sekitar 23 tahun lamanya. Cara dan metode yang diterapkan, performa, dan ajaran beliau tidak lekang, tidak lapuk, dan tidak digerus zaman hingga belasan abad. Sungguh, sebuah prestasi yang sangat fenominal.

Seorang tokoh dunia kenamaan, Napolion Bonaparte dalam diary pribadinya menyatakan kekaguman yang begitu tinggi terhadap nabi Muhammad Saw. (Hal. 25). Oleh karena itu, sudah seharusnya sebagai umat beliau dan jika ingin menjadi pengajar muslim yang handal kita sepatutnya mampu meniru dan meneladani praktik-praktik yang beliau ajarkan dalam kehidupannya agar kita menjadi orang sukses menjalankan hidup ini, khusunya dalam menyampaikan berbagai ilmu pengetahuan atau menjadi seorang pengajar yang hebat.

Selama masa kenabiannya, nabi Muhammad Saw. menyampikan lebih dari seribu metode dalam mengajar, namun di dalam buku ini hanya mengulas 35 metode yang dianggap paling utama dalam proses belajar-mengajar yang efektif dan komunikatif. Di antaranya ialah dialog dan tanya jawab, praktik secara langsung, penggunaan alat peraga, melakukan tes dan uji coba, serita dan kisah, prolog singkat, isayarat dan sindiran, memberikan keterangan langsung, visualisasi, dengan gambar, dan lain sebagainya.

Selain itu berbagai poin umum yang harus diperhatikan oleh pendidik; atribut moral, psikis, dan sosial yang mesti dimiliki oleh pendidik; serta sistem mengajar yang diterapkan oleh Rasulullah Saw. Juga diterangkan dengan gamblang di dalam buku ini.

* Penulis adalah mahasantri Pesantren Luhur al-Husna Jl. Jemur Wonosari Gg. Masjid No. 42 Wonocolo Surabaya.

E-Mail                         : john_gapura@yahoo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: