Di-PHK setelah Dua Tahun Bekerja

RADAR SURABAYA ● MINGGU, 16 SEPTEMBER 2012

Pengasuh rubrik Konsultasi Hukum Radar Surabaya.

Saya adalah seorang karyawan yang bekerja di suatu perusahaan swasta. Pada waktu saya diterima di perusahaan tempat saya bekerja, saat itu saya tidak pernah menandatangani suatu surat apapun, sebagai tanda saya diterima sebagai pekerja. Saat itu saya hanaya diberitahu untuk kembali pada esok harinya dan mulai bekerja.

Pada keesokan harinya, ketika saya menghadap bagian personalia mendapat penjelasan sebagai berikut: 1) ‘’Anda mulai dengan masa percobaan selama tiga bulan. 2) Upah Anda sebesar Rp 1.100.000,-. 3) Sesudah masa percobaan Anda akan menerima upah Rp 1.400.000,- termasuk tunjangan’’. Memang benar, selama bekerja di perusahaan tersebut saya menerima upah sesuai yang dijanjikan.

Namun setelah bekerja selama 2 tahun, tiba-tiba saya di-PHK, dengan alasan perjanjian kerja antara saya dengan perusahaan sudah berakhir. Bagian personalia itu menyebutnya perjanjian kerja kami adalah perjanjian kerja untuk waktu tertentu (PKWT). Saya tidak diberi pesangon, karena menurut perusahaan status saya adalah pekerja kontrak, sehingga tidak menerima pesangon.

Pertanyaan saya pada pengasuh rubrik, apakah saya mempunyai hak untuk menerima pesangon? Demikian mohon mendapat jawaban dan terima kasih.

Salam saya,

Sigit Hariyadi

 

JAWABAN :

Memperhatikan permasalahan yang Saudara sampaikan, dapat kami pahami hal-hal sebagai berikut: a) Saudara diterima tanpa suatu perjanjian tertulis; b) Saudara harus menjalani suatu masa percobaan selama 3 bulan; c) Sesudah bekerja 2 tahun Saudara di-PHK, dengan alasan Saudara adalah seorang pekerja kontrak, atau PKWT, sehingga tidak berhak untuk menerima pesangon.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut dapat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

a. Suatu hubungan kerja antara Saudara dan perusahaan terjadi apabila antara Saudara dan perusahaan dibuat suatu perjanjian kerja. Menurut Undang- Undang Nomor 13 tahun 2003 (selanjutnya disingkat UU No 13/2003) pasal 51 ayat (1) menyatakan, “Perjanjian Kerja dibuat secara tertulis atau lisan.” Ini berarti bahwa walaupun Saudara tidak menandatangani surat perjanjian kerja, antara Saudara dengan perusahaan sudah ada hubungan kerja.

b. Status seorang pekerja, apakah sebagai pekerja tetap, atau sebagai pekerja kontrak ditentukan oleh jenis perjajian kerja antara pekerja dengan perusahaan. Jika status Saudara sebagai pekerja tetap, maka Saudara dan perusahaan membuat Perjanjian Kerja untuk Waktu Tidak Tertentu (PKWTT). Suatu PKWTT boleh dibuat secara lisan dan boleh diperjanjikan suatu masa percobaan. Tetapi apabila antara Saudara dan perusahaan dibuat Perjanjian Kerja untuk Waktu Tertentu (PKWT) maka harus dibuat tertulis, sebagai mana terangkum pada UU No 13/2003 Pasal 57 ayat (1) dan tidak mensyaratkan adanya masa percobaan sebagaimana di tentukan di UU No 13/2003 Pasal 58 ayat (1). Berdasarkan uraian Saudara, maka sesuai dengan penjelasan kami di atas, dapat disimpulkan bahwa Saudara bestatus sebagai pekerja tetap.

c. Kesimpulannya, Saudara tidak dapat di-PHK setelah bekerja selama 2 tahun, dengan alasan Saudara sebagai pekerja kontrak. Jika seandainya Saudara tetap di-PHK, maka Saudara di-PHK dalam status sebagai pekerja tetap dan berhak mendapatkan uang pesangon sebesar 3 (tiga) bulan upah. Walaupun demikian alasan untuk di-PHK juga harus menjadi perhatian, namun tidak saya uraikan di sini. Hal ini dapat kita bahas di waktu mendatang jika Saudara dapat menyampaikan alasan PHK yang lain selain alasan masa kontrak dua tahun telah berakhir.

Demikian penjelasan kami, semoga jelas bagi Saudara tentang status dan hakhak Saudara dalam suatu hubungan kerja.

Leave a Reply

