Agar Shalat dan Taubat Kita Mudah Terkabulkan

Duta Masyarakat: Minggu, 21 Oktober 2012

Junaidi Khab's Cover Pantangan dan Anjuran dalam Shalat Taubat Agar Taubatmu Menggetarkan 'Arsy!

Junaidi Khab’s Cover Pantangan dan Anjuran dalam Shalat Taubat Agar Taubatmu Menggetarkan ‘Arsy!

Judul               : Pantangan dan Anjuran dalam Shalat Taubat Agar Taubatmu Mengetarkan ‘Arsy!

Penulis             : Zen Abdurrahman

Penerbit           : Safirah

Cetakan           : I, Agustus 2012

Tebal               : 106 Halaman

Peresensi         : Junaidi*

Mayoritas keinginan manusia sama dalam menjalani kehidupan ini. Mereka ingin segala sesuatunya berjalan dengan mulus dan lancar tanpa mendapat halangan apapun. Mereka ingin berbakti dan melakukan kebaikan kepada sesama umat manusia. Segala perbuatannya ingin lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Apa yang diinginkan bisa tercapai semuanya tanpa mendapat rintangan dan tanpa bersusah payah.

Jika kita berpikir secara naluriah, keinginan manusia memang secara kesuluruhan ingin dicapai dengan cara instan tanpa banyak proses. Sayang sekali, meski kita memiliki keinginan yang begitu membara untuk kita lakukan, akan tetapi perilaku dan nafsu kita tidak bias dikendalikan, semuanya akan bertolak belakang. Maka dari itulah perlu keseimbangan antara nafsu dan nalar fikir kita dalam kehidupan sehari-hari.

Itu semua tidak terlepas dari pengaruh keyakinan beragama, karena dengan keyakinan beragama kita akan menemukan hakikat hidup ini yang penuh dengan jalan terjal. Salah antisipasinya adalah dengan selalu meminta maaf (bertaubat) kepada sesama dan kepada Tuhan Yang Maha Pengampun.

Namun, perlu kita sadari bahwa hidup ini harus melalui beberapa proses kehidupan yang mesti kita lewati sebagai bahan untuk lebih sempurna dalam menjalani hidup di dunia ini. Kita hanya berusaha dan pasrah kepada tuhan setelah melakukan ikhtiyar semaksimal mungkin.

Salah satu tindakan yang harus kita lakukan setelah berusaha semaksimal munkin yaitu berdoa dengan penuh keseriusan mengharap kesuksesan dari apa yang telah kita kerjakan. Dengan kata lain, doa di sini memiliki makna lebih spesifik lagi, yaitu melaksanakan solat dengan penuh kekhusyuan menghadap tuhan yang maha pencipta, serta dengan harapan mendapat keridoannya.

Memang sangat sulit untuk melakukan doa/shalat jika kita tidak merasa mendapat kesulitan hidup. Begitu pula untuk melakukan taubat jika kita terus merasa benar padahal kita banyak melakukan kesalahan. Apalagi jika kita bertaubat namun tidak mendapat tanda-tanda taubat kita terkabulkan. Maka dari itulah, sebuah bimbingan perlu kita cari agar apa yang kita lakukan berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Salat taubat sebuah kata yang tidak dapat terpisahkan. Kata tersebut akan menjadi satu kesatuan yang akan memberikan pencerhan hidup dalam buku Pantangan dan Anjuran dalam Shalat Taubat Agar Taubatmu Mengetarkan ‘Arsy ini.

Kita tidak harus putus asa dalam menjalani proses shalat dan taubat agar mudah terkabulkan. Banyak cara dan metode yang ditawarkan oleh ilmuan dan ahli dalam persoalan shalat/doa atau taubat agar mudah dikabulkan. Dalam berbagai buku-buku literatur juga disuguhkan berbagai macam teori dan caranya. Termasuk kali ini telah hadir buku terbaru tentang shalat dan taubat agar mudah dikabulkan. Tentunya melalui berbagai macam proses yang harus dijalani agar shalat atau taubat kita mudah terkabulkan.

Ada beberapa proses yang mesti dilalu oleh mereka yang benar-benar mengharap ampunan dan mendapat keberkahan hidup. Di antaranya tidak akan melakukan hal-hal yang merugikan orang lain lagi, menyesali segala perbuatan yang dilakukan, dan meminta maaf kepada orang yang disakit secara langsung dan memohon ampunan kepada Allah Swt. Begitu pula harus  istiqamah dalam melakukan shalat/taubat agar taubat dan ibadah kita mudah dikabulkan oleh Allah Swt. (Hal. 127-140).

Ada satu hal yang sangat sulit untuk kita lakukan jika hati kita sudah mengeras yaitu meminta maaf atas segala kesalahan baik itu disengaja atau tidak disengaja. Namun bagi mereka yang benar-benar ingin memperbaiki dirinya mesti hal seberat apapun akan dilakukan demi kebaikan dan kenyamanan bersama. Dalam hal ini perlu adanya kesadaran dari diri kita dalam memperbaiki apa yang telah kita lakukan. Terutama hal-hal yang bertentangan dengan kehidupan manusia, baik itu norma yang berlaku dan berbagai kode etik yang dipakai oleh masyarakat tertentu.

Berbagai cara dan anjuran telah kita lakukan agar taubat dan salat kita mudah terkabulkan oleh Allah Swt. dalam buku ini. Selain ulasan-ulasan yang cukup rinci dan transparan juga diberikan beberapa dalil penguat yang begitu relevan antara satu ulasan dengan ulasan yang lainnya. Pengukuhan dengan dalil-dalil itulah yang menjadi patokan penting dalam pembahasan Zen Abdurrahman. Selain itu pula, dengan dalil-dalil yang ada akan menyadarkan kita agar menyegerakan tobat dengan sungguh-sungguh dan melaksanakan salat dengan penuh kekhusyu’an. Karena jika dosa kita terus bertumpuk akan menjadi beban hidup yang kemudian hari akan berdampak negatif bagi psikis kita. Penyakit jiwa akan mudah menyerang batin ini kita tidak menyegerakan taubat dalam hidup ini.

* Peresensi adalah mahasiswa jurusan Sastra Inggris fakultas Adab IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hp                               : 087866119361

 E-Mail                        : john_gapura@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: