Dituduh Gelapkan Uang Perusahaan

RADAR SURABAYA ● MINGGU, 6 JANUARI 2013

Saya dituduh perusahaan melakukan penggelapan uang dan akan dilaporkan ke polisi. Lalu keluarga berinisiatif menempuh jalan damai dengan perusahaan. Maka dibuatlah kesepakatan berupa perjanjian, saya harus mengangsur, sebanyak 4 kali angsuran dalam waktu satu tahun. Sebelum lunas, kami memberikan Jaminan beberupa sertifikat rumah.

Apakah dengan lunasnya cicilan nanti, perkara saya selesai tidak diproses ke pengadilan? Jaminan sertipikat nantinya juga apa akan dikembalikan ke saya?

Subiyakto,

Di Surabaya

 

JAWABAN :

Yang harus Saudara ketahui, bahwa suatu perjanjian dianggap sah, bila memenuhi syarat sahnya perjanjian. Hal itu diatur dalam Pasal 1320 BW harus memenuhi 4 syarat, kesepakatan, kecakapan, suatu hal tertentu dan kausa yang diperbolehkan. Bila tidak memenuhi syarat obyektifnya dari pasal tersebut, maka surat perjanjian yang Saudara buat batal demi hukum. Begitu juga dalam pembuatan surat perjanjiannya, harus sesuai dengan Pasal 1313 BW yang berbunyi: suatu perbuatan dengan mana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang lain atau lebih.

Dari uraian Saudara dapat saya katakan, tujuan dari surat perjanjian yang Saudara buat, agar perkara Saudara tidak diproses ke jalur hukum, yaitu dengan dibayarnya sejumlah uang, dengan jaminan sertipikat rumah. Kewajiban Saudara adalah menyerahkan sejumlah uang sesuai isi perjanjian ke pihak perusahaan, dan hak Saudara adalah tidak dibawanya kasus Saudara ke jalur hukum.

Saudara berhak menerima kembali jaminan sertipikat rumah, bila sudah terjadi pelunasan, karena menjadi kewajiban perusahaan, menyerahkan kembali jaminan sertipikat rumah, bila sudah menerima sejumlah uang pelunasan dan tidak membawa perkara ini ke jalur hukum. Hak perusahaan adalah menerima sejumlah uang pelunasan dari Saudara, atau hak perusahaan untuk meneruskan perkara ini ke jalur hukum, bila perusahaan tidak menerima sejumlah uang pelunasan sesuai yang diperjanjikan.

Kesimpulannya, bahwa jaminan sertifikat rumah dari kelurga Saudara sudah pasti akan tetap menjadi milik keluarga Saudara, bila sudah terjadi pelunasan sejumlah uang sesuai perjanjian yang telah disepakati, karena perusahaan wajib mengembalikan sertipikat rumah tersebut. Sebab dengan dilunasinya sejumlah uang sesuai isi perjanjian, maka dengan sendirinya delik pidana penggelapan tidak terpenuhi. Sebab tidak ada pihak yang dirugikan lagi, karena materi yang digelapkan sudah dikembalikan. Dengan demikian maka tidak dapat lagi kasus Saudara diproses atau dibawa ke pengadilan.

Demikian uraian yang dapat kami berikan dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: