Perjalanan Orang Arab dan Perkembangan Dunia Islam

RADAR SURABAYA ● Minggu, 05 Agustus 2012

 

Cover History of the ArabJudul               : History of the Arab

Penulis             : Philip K. Hitti

Penerbit         : PT Serambi Ilmu Semesta

Cetakan          : IV, 2012

Tebal               : vi+981 Halaman

ISBN                : 979-0245-51-8

Harga              : Rp. 110.000,-

Peresensi       : Junaidi*

Peristiwa tragis 11 September di New York dan Washington telah memicu perang global yang dipimpin Amerika melawan terorisme yang secara keliru—atau juga mungkin benar—diyakini oleh sebagian orang sebagai perbuatan orang Islam atau Arab. Pada saat yang sama, tingkat pemahaman masyarakat Barat secara umum tetnangan sejarah dan peradaban Arab dan Islam ternyata masih sangat rendah. Gejala ini hampir terlihat setiap hari dalam sajian media, baik media cetak maupun elektronik, dan sering tercermin dalam generalisasi menyesatkan yang disampaikan oleh para pemegang otoritas dan pejabat senior Barat.

Padahal, visi dan misi berbagai agama di dunia ini adalah untuk menyelamatkan dan mendamaikan umat di dunia. Namun, kadang kala ada sebagian yang begitu ekstrim menuding suatu agama adalah sarang teroris, khususnya negara-negara Barat, Amerika yang bermula saat pengoboman gedung WTC di Amerika. Yang sangat ironis sekali, jarang pula orang Barat yang menelusuri lebih dalam penelitian tentang ajaran dan perspektif kaitannya antara agama dan Negara yang berkembang dari dunia Timur Tengah, Arab.

Mungkin kebutuhan akan informasi dengan bukti konkrit dengan berbagai penelitian perlu juga dikerahkan agar kita sebagai umat manusia tidak miring dengan keterbatasan pengetahuan yang kita miliki, sehingga mudah mengklaim suatu agama menjadi perusak. Jika kita lebih dalam berpikir mengenai keterkaitan antara agama dan Negara mungkin ini akan lebih menyadarkan tentunya dengan beberapa histori perjalanan sejarah Negara yang kita huni, kemungkinan dengan demikian kita tidak mudah mengkalim suatu pihak sebagai pelaku kejahatan.

Mungkin di balik itu Negara yang kita huni sedang menghadapi lawan yang sejak dulu bersembunyi untuk menghancurkannya. Tidak dibenarakan konflik Negara diatasnamakan dengan persoalan agama. Sehingga Hitti dengan hasrat keinginan untuk mengungkap sejarah orang Arab-Islam ini menjadi hal yang sangat urgen bagi perkembangan dunia untuk menambah pemahaman antara visi dan misi agama dan Negara.

Dalam sekitar 900 halaman, History of the Arab. membentuk sebuah infrastruktur pengetahuan yang seluruhnya sangat penting dikaji untuk memahami berbagai perkembangan terkini di dunia Arab dan Muslim. Buku ini melingkupi rentang waktu sejarah lebih dari satu millennium sejak masa pra-Islam—periode pagan, tradisi Yahudi—Kritsten (bangsa Arab adalah pemeluk agama Kristen sebelum mereka menadi muslim)—hingga penaklukan bangsa Turki Utsmani atas dunia Arab pada awal abad ke-16. Lima dari enam bagian buku ini (lebih dari 90 persen) membahas periode itu. Bagian IV merupakan pandangan umum yang berusaha memaparkan berbagai hal tentang perkembangan politik, social, dan budaya Arab sejak penaklukan Turki Utsmani.

Buku ini mengisahkan kemunculan dan kejatuhan dua khalifah utama bangsa Arab, yaitu Dinasti Umayyah (661-750) di Damaskus dan Dinasti Abbasiyah (750-1258) di Bghdad—yang terakhir disebut runtuh ketika ibu kotanya diserbu dan diluluhlantakkan oleh tentara Mongol pimpinan Hulagu. Selain itu pula, isi dari buku ini menceritakan perkembangan bansga Arab dan kotribusinya yang sangat besar terhadap Kebangkitan Eropa (Hal. 235-348 dan 358-623).

Hitti menggambarkan munculnya kekuatan-kekuatan sentrifugal yang merobek keutuhan kerajaan itu, lahirnya berbagai dinasti kecil di Mesir, Spanyol, dan di kawasan lain, serta penetrasi terhadap kaum Arab, seperti Persia, Turki, Berber, dan Mamluk, serta mengulas perpecahan yang terjadi berikutnya.

Buku ini memberikan perhatian besar terhadap proses pertukaran budaya yang terus berlangsung antara Barat dan Timur dalam bidang filsafat, ilmu pengetahuan, perdagangan, kesenian, dan arsitektur. Bahkan selama periode konfrontasi militer sekalipun—masa perang Salib (1097-1291) dan penaklukan kembali Spanyol oleh orang Kristen (1085-1492). Ia juga membahas kontribusi penting orang Yahudi, Arab Kristen, dan muslim non-Arab terhadap peradaban Arab dan Islam.

Ia tidak pernah gagal memberikan gambaran yang menyeluruh di dalam buku ini. Secara lugas berhasil memasukkan sejumlah besar rincian peristiwa dengan gaya penuturan yang mengalir dan tajam, dihidupkan oleh kutipan-kutipan langsung dari berbagai teks asli, berupa puisi, catatan perjalanan, pidato, dan dekrit. Paparan tentang perkembangan politik, dinasti, dan militer tidak pernah mengecilkan perkembangan sosial, ekonomi, administrasi, dan intelektual.

Bab-bab di dalam buku ini diperkaya dengan sekitar 70 ilustrasi bangunan, gambar keeping uang logam, potret wajah atau karya seni, serta 21 buah peta dan 25 tabel dinasti (Hal. 201, 269, 340, dan 405). Lebih dari 2.000 catatan kaki menyebutkan sumber-sumber penting berbahasa Arab dari abad pertengahan—ciri khas karya ini—dan karya-karya terbaik kalangan orientalis Barat. Daftar panjang sekitar 11 halaman yang memuat indeks tentang tempat, nama dan istilah Arab juga menjadi petunjuk berharga bagi khazanah yang penting ini.

Bagian inti buku ini memaparkan asal usul bangsa Arab, kemunculan Muhammad dan kelahiran Islam, dan masa pemerintahan Khulafa al-Rasyidin. Buku ini kemudian melacak penyebaran Islam yang menakjubkan, selang beberapa dasawarsa setelah kelahirannya, melintasi Afrika Utara ke Semenanjung Iberia, ke sebelah Barat mencapai dataran Pyrenees hingga poiter di Perancis, ke sebelah utara mencapai Anatolia Bizantium dan ke Cina Barat di sebelah Timur.

* Peresensi adalah pemikir Islam Kontemporer IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: